Investor

Hubungan Investor

Sekilas MPC
Visi

Untuk menjadi perusahaan investasi terdepan yang menawarkan nilai penting kepada pemangku kepentingan dan berkontribusi secara positif kepada masyarakat.

Misi

Untuk mengembangkan portofolio usaha yang strategis melalui ekspansi secara terus menerus dan investasi untuk menciptakan pertumbuhan yang berkelanjutan dan memperoleh nilai perusahaan secara maksimal.

Struktur Perusahaan

 

Lembaga & Profesi Penunjang

Akuntan Publik

Amir Abadi Jusuf, Aryanto, Mawar & Rekan
RSM Indonesia
Plaza Asia Lt. 10
Jl. Jend. Sudirman Kav 59 Jakarta 12190
T: +62 21 5140 1340
F: +62 21 5140 1350

Notaris

Notaris Sriwi Bawana Nawaksari, S.H., M.KN
Ruko L’Agricola Blok B-21
Gading Serpong, Tangerang
Banten 15810
T: +62 21 2943375 / 376
F: +62 21 54202011

Biro Administrasi Efek

PT Sharestar Indonesia
Sopo Del Office Tower & Lifestyle
Tower B Lantai 18
Jl. Mega Kuningan Barat III, Lot 10. 1-6
Kawasan Mega Kuningan
Jakarta 12920
T: +62 21 50815211
F: +62 21 527 7967

 

Manajemen
Struktur Organisasi

Dewan Komisaris

Benny Haryanto

Presiden Komisaris
Benny Haryanto
Presiden Komisaris

Benny Haryanto diangkat sebagai Presiden Komisaris Perseroan atas keputusan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan untuk tahun buku 2023. Penunjukannya tertuang dalam Akta Pernyataan Keputusan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan No. 37, tanggal 13 Mei 2024, yang dibuat di hadapan Notaris Sriwi Bawana Nawaksari, S.H., M.Kn., Notaris di Kabupaten Tangerang.

Perjalanan karir beliau dalam bidang perbankan dan pasar modal telah mencapai tiga dekade. Pengalaman dalam bidang perbankan beliau dimulai di PT Bank Danamon Tbk (1989-1990) dan dilanjutkan di Standard Chartered Bank (1991-1994) dan Deutsche Bank AG Cabang Jakarta (1994-1997). Pengalamannya di pasar modal dimulai di PT Lippo Securities Tbk (1997-1998), kemudian berlanjut menjabat sebagai Presiden Direktur Kustodian Sentral Efek Indonesia (1998-2006). Kepemimpinan beliau berlanjut sebagai Presiden Direktur PT Ciptadana Capital (2006-2011). Beliau pernah menjabat sebagai Presiden Komisaris PT Lippo General Insurance Tbk (2014-2020), serta Komisaris di PT Multipolar Tbk (2014-2020), kemudian sebagai Komisaris di PT Lippo Karawaci Tbk (2016-2018) dan Komisaris PT Lippo Securities Tbk (2015-2020). Sejak tahun 2023, beliau menjabat sebagai Presiden Direktur PT Siloam International Hospitals Tbk berdasarkan keputusan Rapat Umum Pemegang Saham tanggal 25 Mei 2023.

Beliau adalah warga negara Indonesia, berusia 63 tahun per 31 Desember 2023. Beberapa gelar pendidikan yang beliau raih adalah Master of Business Administration dari Washburn University, Topeka, Kansas, Amerika Serikat (1989) dan Bachelor of Economics dari Brandon University, Manitoba, Kanada (1985).

Alexander S. Rusli

Komisaris Independen
Alexander S. Rusli
Komisaris Independen

Alexander S. Rusli diangkat sebagai Komisaris Independen Perseroan atas keputusan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan untuk tahun buku 2020. Penunjukannya tertuang dalam Akta Pernyataan Keputusan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan No. 38, tanggal 19 Juli 2021, yang dibuat di hadapan Notaris Sriwi Bawana Nawaksari, S.H., M.Kn., Notaris di Kabupaten Tangerang.

Setelah bekerja sebagai dosen tetap di Australia, beliau kembali ke Indonesia pada tahun 1997 dan memulai perjalanan karir di Indonesia di PricewaterhouseCoopers sebagai Manajemen Konsultan yang berfokus pada proyek Implementasi TI besar.

Sebagai eksekutif yang aktif dengan pengalaman serta latar belakang yang kuat di bidang teknologi, posisi atau jabatan-jabatan penting di perusahaan swasta yang pernah diduduki selama perjalanan karir beliau antara lain: CEO di PT Indosat Tbk, perusahaan operator telekomunikasi terbesar kedua di Indonesia, sejak 2012-2017; Komisaris Independen di PT Sarana Menara Nusantara Tbk (Protelindo), sejak 2018-2019; Ketua di iFlix Indonesia, sejak 2018-2020; Komisaris di PT Solusi Sinergi Digital Tbk, sejak 2019 – Februari 2022; Komisaris Independen di PT Medikaloka Hermina Tbk (Hermina Hospital Group), sejak 2018-sekarang; Komisaris Independen di PT Unilever Indonesia Tbk, sejak 2018-sekarang; Komisaris Independen di PT Link Net Tbk, sejak tahun 2020-sekarang; Komisaris Independen di PT Cisarua Mountain Dairy Tbk, sejak 2021-sekarang.

Beliau juga menduduki beberapa posisi di pemerintahan, yaitu sebagai Staf Ahli di Kementerian Komunikasi dan Informatika (2001 – 2007); Staf Ahli di Kementerian BUMN (2007 – 2009); Staf Ahli Menteri Keuangan RI untuk Sistem Perpajakan Nasional (2019 – sekarang); Penasihat untuk Crescent Point untuk Indonesia (2019 – sekarang). Sejak tahun 2007-2009, beliau menjabat beberapa posisi di beberapa Badan Usaha Milik Negara antara lain sebagai Komisaris di PT Krakatau Steel Tbk; Komisaris Utama di PT Geodipa Energi; Komisaris di PT Kertas Kraft Aceh.

Di samping itu, beliau juga merupakan pendiri PT Digi Asia Bios, sebuah perusahaan Fintech terkonsolidasi holding yang menawarkan layanan keuangan pembayaran, kredit dan remittance digital di Indonesia. Beliau juga memiliki Joint Venture bersama Tempo Digital Media yang berfokus pada animasi untuk Indonesian IP characters.

Beliau adalah warga negara Indonesia, berusia 52 tahun per 31 Desember 2023. Beliau meraih beberapa gelar antara lain Bachelor of Business, Information System pada tahun 1992, Bachelor of Commerce (Hons), Information System pada tahun 1993 dan Doctor of Philosophy (Ph.D), Information System pada tahun 2000, ketiga gelar tersebut diperoleh dari Curtin University of Technology, Perth, Australia.

Jeffrey K. Wonsono

Komisaris
Jeffrey K. Wonsono
Komisaris

Jeffrey K. Wonsono telah diangkat menjadi Komisaris Perseroan sejak 2011. Pengangkatannya dituangkan dalam Akta Pernyataan Keputusan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan No. 19, tanggal 22 Februari 2011, yang dibuat di hadapan Notaris Rini Yulianti, S.H., Notaris di Jakarta Timur. Sebelum menjabat Komisaris, beliau menjabat sebagai Presiden Direktur Perseroan dari tahun 1994 hingga 2011.

Karir beliau dimulai pada beberapa bank usaha patungan multinasional, seperti PT Bank Multicor dan PT Bank LTCB Central Asia. Beliau pernah menjabat Presiden Direktur Perseroan (1994-2011), Komisaris PT Matahari Putra Prima Tbk (1997-2013), Presiden Komisaris PT Multipolar Technology Tbk (2011-2013), Komisaris PT Multifiling Mitra Indonesia Tbk (2017-2021). Saat ini, beliau menjabat sebagai Komisaris di PT Multipolar Technology Tbk (sejak 2013), Presiden Komisaris di PT Visionet Data Internasional (sejak 2016), dan sebagai Presiden Komisaris di PT Pacific Eastern Coconut Utama (sejak 2019).

Beliau adalah warga negara Indonesia, berusia 63 tahun per 31 Desember 2023. Beliau meraih gelar Master of Business Administration di bidang Perbankan dari Golden Gate University, San Fransisco, Amerika Serikat pada tahun 1986. Beliau memperoleh gelar sarjana di bidang Marketing dari Centre for Business Studies di London, Inggris pada tahun 1979.

Direksi

Adrian Suherman

Presiden Direktur
Adrian Suherman
Presiden Direktur

Adrian Suherman diangkat sebagai Presiden Direktur Perseroan berdasarkan keputusan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan untuk tahun buku 2019. Penunjukan ini dituangkan dalam Akta Pernyataan Keputusan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan No. 68, tanggal 12 Juni 2020, dibuat di hadapan Notaris Sriwi Bawana Nawaksari, S.H. M.Kn., Notaris di Kabupaten Tangerang.

Beliau mengawali karirnya pada tahun 1995, memimpin pengembangan produk, strategi, dan operasi untuk perusahaan-perusahaan perangkat lunak global termasuk Oracle dan Sun Microsystems di Silicon Valley. Setelah bertugas di Amerika Serikat, beliau kembali ke Indonesia sebagai manajer untuk firma konsultan manajemen top-tier A.T. Kearney (2007-2010) dan berhasil mendirikan perusahaan startup Dealkeren (akhirnya dijual ke Livingsocial), perusahaan e-commerce yang paling cepat berkembang dan paling signifikan di Indonesia (2010-2012). Beliau kemudian bergabung kembali dengan dunia korporat melalui Telkomsel sebagai Wakil Presiden (2012-2014) dan membuka jalan bagi Telkomsel untuk menjadi pemain penting dalam periklanan mobile Indonesia. Sebagai seorang wirausahawan, beliau mendirikan startup lain yang sukses, aCommerce (2014-2015), sebelum menerima jabatan sebagai CEO di OVO (PT Visionet Internasional) (2016-2019). Selain di Perseroan, saat ini beliau juga menjabat sebagai Presiden Direktur di PT Matahari Putra Prima Tbk (sejak 2019), Presiden Komisaris di PT Multipolar Technology Tbk (sejak 2019), dan Komisaris di PT Matahari Department Store Tbk (sejak 2020).

Beliau adalah warga negara Indonesia, berusia 50 tahun per 31 Desember 2023. Beliau meraih gelar MBA dalam Strategi dan Operasional Korporasi dari European Institute for Business Administration (INSEAD) pada 2006. Beliau juga meraih gelar Master of Science di bidang Teknik Elektro dari Stanford University, Amerika Serikat (1997) dan gelar Bachelor of Science di bidang Computer Engineering dari University of Arizona, Amerika Serikat (1995).

Agus Arismunandar

Direktur
Agus Arismunandar
Direktur

Agus Arismunandar diangkat sebagai Direktur Perseroan berdasarkan keputusan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan untuk tahun buku 2018. Penunjukan ini dituangkan dalam Akta Pernyataan Keputusan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan No. 136, tanggal 29 April 2019, dibuat di hadapan Notaris Sriwi Bawana Nawaksari, S.H. M.Kn., Notaris di Kabupaten Tangerang.

Beliau mengawali karirnya di Lippo Group pada 2006 ketika bergabung dengan PT Matahari Department Store Tbk, dengan Head of Marketing & Promotion sebagai jabatan terakhirnya. Pada 2013, beliau bergabung dengan Perseroan sebagai Head of Investor Relations, lalu sejak 2019 beliau menjabat sebagai anggota Direksi Perseroan. Saat ini beliau juga menjabat sebagai Presiden Komisaris di PT Lenox Pasifik Investama Tbk (sejak 2020) dan Direktur di PT Star Pacific Tbk (sejak 2022).

Beliau adalah warga negara Indonesia, berusia 58 tahun pada 31 Desember 2023. Beliau memperoleh gelar Bachelor of Science di bidang Electrical Engineering pada tahun 1988 dari California State University di Long Beach, Amerika Serikat dan gelar Master of Business Administration di bidang Marketing dan IT pada tahun 1991 dari University of California di Davis, Amerika Serikat.

Fendi Santoso

Direktur
Fendi Santoso
Direktur

Fendi Santoso diangkat sebagai Direktur Perseroan berdasarkan keputusan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan untuk tahun buku 2019. Penunjukan ini dituangkan dalam Akta Pernyataan Keputusan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan No. 68, tanggal 12 Juni 2020, dibuat di hadapan Notaris Sriwi Bawana Nawaksari, S.H. M.Kn., Notaris di Kabupaten Tangerang.

Beliau memiliki pengalaman selama lebih dari 20 tahun di sektor private equity dan korporasi. Sebelum bergabung dengan Perseroan, beliau menjabat sebagai CFO di PT Matahari Putra Prima Tbk. Beliau juga menghabiskan 4 tahun di The Abraaj Group sebagai Direktur yang membawahi beragam investasi di Asia Tenggara dan 5 tahun di Northstar Group – perusahaan private equity yang berfokus pada negara-negara di Asia Tenggara, dimana beliau terlibat dalam beberapa transaksi di sektor-sektor yang beragam, termasuk sektor jasa keuangan dan bisnis-bisnis yang terlibat langsung dengan konsumen. Sebelumnya, beliau pernah menduduki beberapa posisi di Jardine Group, termasuk Astra International, Jardine Motors Group, Jardine Matheson, dan Federal International Finance. Beliau menjabat di PT Matahari Putra Prima Tbk sebagai Komisaris (2020-2022) kemudian sebagai Presiden Komisaris (sejak 2022), Direktur di PT Lenox Pasifik Investama Tbk (sejak 2022), dan Presiden Komisaris di PT Star Pacific Tbk (sejak 2022).

Beliau merupakan warga negara Indonesia, berusia 44 tahun per 31 Desember 2023.

Jerry Goei

Direktur
Jerry Goei
Direktur

Jerry Goei diangkat sebagai Direktur Perseroan berdasarkan keputusan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan untuk tahun buku 2020. Penunjukan ini dituangkan dalam Akta Pernyataan Keputusan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan No. 38, tanggal 19 Juli 2021, dibuat di hadapan Notaris Sriwi Bawana Nawaksari, S.H. M.Kn., Notaris di Kabupaten Tangerang.

Sebelum bergabung dengan Perseroan sebagai COO pada tahun 2020, Jerry Goei menjabat sebagai Presiden Direktur dari Dwi Satrya Utama (DSU) Group sejak Desember 2015. Sebelum bergabung di DSU, beliau bekerja empat tahun di Northstar Group yang merupakan salah satu Private Equity terkemuka di Indonesia hingga akhir 2015, dengan posisi terakhir sebagai Managing Director dan Head of Operation dari portofolio perusahaan-perusahaan Northstar. Sebelum bergabung dengan Northstar, beliau telah memegang posisi senior di berbagai perusahaan, antara lain sebagai Country Director dari AkzoNobel Group di Indonesia, dan sehari-harinya merangkap sebagai President Director dan CEO dari PT ICI Paints Indonesia (Dulux) yang merupakan salah satu anak perusahaan terbesar AkzoNobel di Indonesia. Beliau telah bergabung selama 12 tahun di ICI/Akzonobel. Beliau juga sebelumnya pernah bekerja di Accenture, American Standard dan Sampoerna. Saat ini beliau juga menjabat sebagai Komisaris di PT Multi Prima Sejahtera Tbk (sejak 2020) dan Wakil Presiden Direktur di PT Matahari Putra Prima Tbk (sejak Oktober 2023).

Beliau adalah warga negara Indonesia, berusia 54 tahun per 31 Desember 2023. Beliau memperoleh gelar sarjana (BSc) di bidang Computer Science dari University of Texas, USA di tahun 1991 dan MBA dari Baylor University di Texas, USA di tahun 1992. Selain itu, Beliau juga mengikuti program Executive Development di IMD (Swiss) di tahun 2007 dan INSEAD (Perancis) di tahun 2011.

Tim Manajemen

Adrian Suherman

Chief Executive Officer
Adrian Suherman
Chief Executive Officer

Beliau mengawali karirnya pada tahun 1995, memimpin pengembangan produk, strategi, dan operasi untuk perusahaan-perusahaan perangkat lunak global termasuk Oracle dan Sun Microsystems di Silicon Valley. Setelah bertugas di Amerika Serikat, beliau kembali ke Indonesia sebagai manajer untuk firma konsultan manajemen top-tier A.T. Kearney (2007-2010) dan berhasil mendirikan perusahaan startup Dealkeren (akhirnya dijual ke Livingsocial), perusahaan e-commerce yang paling cepat berkembang dan paling signifikan di Indonesia (2010-2012). Beliau kemudian bergabung kembali dengan dunia korporat melalui Telkomsel sebagai Wakil Presiden (2012-2014) dan membuka jalan bagi Telkomsel untuk menjadi pemain penting dalam periklanan mobile Indonesia. Sebagai seorang wirausahawan, beliau mendirikan startup lain yang sukses, aCommerce (2014-2015), sebelum menerima jabatan sebagai CEO di OVO (PT Visionet Internasional) (2016-2019). Selain di Perseroan, saat ini beliau juga menjabat sebagai Presiden Direktur di PT Matahari Putra Prima Tbk (sejak 2019), Presiden Komisaris di PT Multipolar Technology Tbk (sejak 2019), dan Komisaris di PT Matahari Department Store Tbk (sejak 2020).

Beliau adalah warga negara Indonesia, berusia 50 tahun per 31 Desember 2023. Beliau meraih gelar MBA dalam Strategi dan Operasional Korporasi dari European Institute for Business Administration (INSEAD) pada 2006. Beliau juga meraih gelar Master of Science di bidang Teknik Elektro dari Stanford University, Amerika Serikat (1997) dan gelar Bachelor of Science di bidang Computer Engineering dari University of Arizona, Amerika Serikat (1995).

Fendi Santoso

Chief Financial Officer
Fendi Santoso
Chief Financial Officer

Beliau memiliki pengalaman selama lebih dari 20 tahun di sektor private equity dan korporasi. Sebelum bergabung dengan Perseroan, beliau menjabat sebagai CFO di PT Matahari Putra Prima Tbk. Beliau juga menghabiskan 4 tahun di The Abraaj Group sebagai Direktur yang membawahi beragam investasi di Asia Tenggara dan 5 tahun di Northstar Group – perusahaan private equity yang berfokus pada negara-negara di Asia Tenggara, dimana beliau terlibat dalam beberapa transaksi di sektor-sektor yang beragam, termasuk sektor jasa keuangan dan bisnis-bisnis yang terlibat langsung dengan konsumen. Sebelumnya, beliau pernah menduduki beberapa posisi di Jardine Group, termasuk Astra International, Jardine Motors Group, Jardine Matheson, dan Federal International Finance. Beliau menjabat di PT Matahari Putra Prima Tbk sebagai Komisaris (2020-2022) kemudian sebagai Presiden Komisaris (sejak 2022), Direktur di PT Lenox Pasifik Investama Tbk (sejak 2022), dan Presiden Komisaris di PT Star Pacific Tbk (sejak 2022).

Beliau merupakan warga negara Indonesia, berusia 44 tahun per 31 Desember 2023.

Agus Arismunandar

Chief Business Development & Investor Relations Officer
Agus Arismunandar
Chief Business Development & Investor Relations Officer

Beliau mengawali karirnya di Lippo Group pada 2006 ketika bergabung dengan PT Matahari Department Store Tbk, dengan Head of Marketing & Promotion sebagai jabatan terakhirnya. Pada 2013, beliau bergabung dengan Perseroan sebagai Head of Investor Relations, lalu sejak 2019 beliau menjabat sebagai anggota Direksi Perseroan. Saat ini beliau juga menjabat sebagai Presiden Komisaris di PT Lenox Pasifik Investama Tbk (sejak 2020) dan Direktur di PT Star Pacific Tbk (sejak 2022).

Beliau adalah warga negara Indonesia, berusia 58 tahun pada 31 Desember 2023. Beliau memperoleh gelar Bachelor of Science di bidang Electrical Engineering pada tahun 1988 dari California State University di Long Beach, Amerika Serikat dan gelar Master of Business Administration di bidang Marketing dan IT pada tahun 1991 dari University of California di Davis, Amerika Serikat.

Jerry Goei

Chief Operating Officer
Jerry Goei
Chief Operating Officer

Sebelum bergabung dengan Perseroan sebagai COO pada tahun 2020, Jerry Goei menjabat sebagai Presiden Direktur dari Dwi Satrya Utama (DSU) Group sejak Desember 2015. Sebelum bergabung di DSU, beliau bekerja empat tahun di Northstar Group yang merupakan salah satu Private Equity terkemuka di Indonesia hingga akhir 2015, dengan posisi terakhir sebagai Managing Director dan Head of Operation dari portofolio perusahaan-perusahaan Northstar. Sebelum bergabung dengan Northstar, beliau telah memegang posisi senior di berbagai perusahaan, antara lain sebagai Country Director dari AkzoNobel Group di Indonesia, dan sehari-harinya merangkap sebagai President Director dan CEO dari PT ICI Paints Indonesia (Dulux) yang merupakan salah satu anak perusahaan terbesar AkzoNobel di Indonesia. Beliau telah bergabung selama 12 tahun di ICI/Akzonobel. Beliau juga sebelumnya pernah bekerja di Accenture, American Standard dan Sampoerna. Saat ini beliau juga menjabat sebagai Komisaris di PT Multi Prima Sejahtera Tbk (sejak 2020) dan Wakil Presiden Direktur di PT Matahari Putra Prima Tbk (sejak Oktober 2023).

Beliau adalah warga negara Indonesia, berusia 54 tahun per 31 Desember 2023. Beliau memperoleh gelar sarjana (BSc) di bidang Computer Science dari University of Texas, USA di tahun 1991 dan MBA dari Baylor University di Texas, USA di tahun 1992. Selain itu, Beliau juga mengikuti program Executive Development di IMD (Swiss) di tahun 2007 dan INSEAD (Perancis) di tahun 2011.

Dion Leswara

Chief Human Resources Officer
Dion Leswara
Chief Human Resources Officer

Dion Leswara memiliki 25 tahun pengalaman dan kompetensi di bidang kemitraan bisnis strategis, manajemen dan pengembangan organisasi, strategi remunerasi, serta hubungan industrial dan ketenagakerjaan. Beliau memulai karirnya pada tahun 1996 di Grup Royal Golden Eagle (Raja Garuda Mas Internasional), dan karirnya berlanjut di Philip Morris International sejak Oktober 2002 hingga September 2015, termasuk 9 tahun penugasan sebagai Direktur Sumber Daya Manusia di berbagai negara di Asia. Beliau lalu bergabung dengan Sinarmas Agribusiness and Food sebagai Direktur Pelaksana Sumber Daya Manusia hingga September 2020.

Beliau merupakan warga negara Indonesia, berusia 51 tahun per 31 Desember 2023. Beliau memperoleh gelar Sarjana di bidang Business Administration dari California State University, Fresno, Amerika Serikat. Beliau juga merupakan lulusan Human Resources Development Program dari School of Industrial and Labor Relations, Cornell University.

Raditya Pramana

Head of Digital & Partner at Venturra
Raditya Pramana
Head of Digital & Partner at Venturra

Raditya memiliki pengalaman bertahun-tahun dalam berinvestasi dan memberikan saran kepada perusahaan teknologi di Asia Tenggara. Beliau merupakan Partner di Venturra, sebuah perusahaan modal ventura tahap awal yang berfokus pada investasi di perusahaan rintisan dengan pertumbuhan tinggi di Asia Tenggara. Beliau memulai karirnya sebagai profesional investasi di IMJ Investment Partners dan bertanggung jawab atas kegiatan investasi dana Jepang di Indonesia.

Raditya dianugerahi Forbes Indonesia 30 Under 30 pada tahun 2020 dan terpilih sebagai salah satu Pemimpin Muda Indonesia oleh McKinsey & Company. Raditya adalah warga negara Indonesia. Ia meraih gelar Sarjana Sistem Informasi dari Binus International University.

Komite Audit

Alexander S. Rusli

Ketua
Alexander S. Rusli
Ketua

Selain menjabat sebagai Ketua Komite Nominasi dan Remunerasi, Alexander S. Rusli merangkap jabatan sebagai Komisaris Independen Perseroan.

Setelah bekerja sebagai dosen tetap di Australia, beliau kembali ke Indonesia pada tahun 1997 dan memulai perjalanan karir di Indonesia di PricewaterhouseCoopers sebagai Manajemen Konsultan yang berfokus pada proyek Implementasi TI besar.

Sebagai eksekutif yang aktif dengan pengalaman serta latar belakang yang kuat di bidang teknologi, posisi atau jabatan-jabatan penting di perusahaan swasta yang pernah diduduki selama perjalanan karir beliau antara lain: CEO di PT Indosat Tbk, perusahaan operator telekomunikasi terbesar kedua di Indonesia, sejak 2012-2017; Komisaris Independen di PT Sarana Menara Nusantara Tbk (Protelindo), sejak 2018-2019; Ketua di iFlix Indonesia, sejak 2018-2020; Komisaris di PT Solusi Sinergi Digital Tbk, sejak 2019 – Februari 2022; Komisaris Independen di PT Medikaloka Hermina Tbk (Hermina Hospital Group), sejak 2018-sekarang; Komisaris Independen di PT Unilever Indonesia Tbk, sejak 2018-sekarang; Komisaris Independen di PT Link Net Tbk, sejak tahun 2020-sekarang; Komisaris Independen di PT Cisarua Mountain Dairy Tbk, sejak 2021-sekarang.

Beliau juga menduduki beberapa posisi di pemerintahan, yaitu sebagai Staf Ahli di Kementerian Komunikasi dan Informatika (2001 – 2007); Staf Ahli di Kementerian BUMN (2007 – 2009); Staf Ahli Menteri Keuangan RI untuk Sistem Perpajakan Nasional (2019 – sekarang); Penasihat untuk Crescent Point untuk Indonesia (2019 – sekarang). Sejak tahun 2007-2009, beliau menjabat beberapa posisi di beberapa Badan Usaha Milik Negara antara lain sebagai Komisaris di PT Krakatau Steel Tbk; Komisaris Utama di PT Geodipa Energi; Komisaris di PT Kertas Kraft Aceh.

Di samping itu, beliau juga merupakan pendiri PT Digi Asia Bios, sebuah perusahaan Fintech terkonsolidasi holding yang menawarkan layanan keuangan pembayaran, kredit dan remittance digital di Indonesia. Beliau juga memiliki Joint Venture bersama Tempo Digital Media yang berfokus pada animasi untuk Indonesian IP characters.

Beliau adalah warga negara Indonesia, berusia 52 tahun per 31 Desember 2023. Beliau meraih beberapa gelar antara lain Bachelor of Business, Information System pada tahun 1992, Bachelor of Commerce (Hons), Information System pada tahun 1993 dan Doctor of Philosophy (Ph.D), Information System pada tahun 2000, ketiga gelar tersebut diperoleh dari Curtin University of Technology, Perth, Australia.

Christine

Anggota Independen
Christine
Anggota Independen

Beliau memulai karirnya sebagai Senior Associate Auditor di Public Accountant Ernest & Young-Prasetio, Sarwoko & Sandjaja (November 2002 - Agustus 2004), Senior Manager Accounting di PT Matahari Putra Prima Tbk (Agustus 2004 - April 2013), dan Chief Financial Officer di PT Nadya Putra Investama (April 2013 - Oktober 2021).

Beliau berusia 43 tahun per 31 Desember 2023, warga negara Indonesia. Beliau memiliki gelar Sarjana Ekonomi jurusan Akuntansi dari Universitas Tarumanagara.

Marlin

Anggota Independen
Marlin
Anggota Independen

Beliau memulai karirnya sebagai Staff Account Payable, General Ledger, Payroll PT Matahari Putra Prima Tbk – Cabang Medan dari tahun 1993 sampai dengan 1995, kemudian menjabat sebagai Senior Supervisor di PT Matahari Putra Prima Tbk – Kantor Pusat Jakarta dari tahun 1996 sampai dengan 1998. Terakhir Beliau menjabat sebagai Senior Project Specialist dan Head of Budget Department di Perseroan dari tahun 1999 sampai dengan Januari 2022.

Beliau berusia 49 tahun per 31 Desember 2023, Warga Negara Indonesia. Beliau memperoleh gelar D-3 Manajemen Informatika dari AMIK Jendral Sudirman Medan pada tahun 1994 dan Sarjana Ekonomi jurusan Akuntansi dari STIE Y.A.I Jakarta pada tahun 1995.

Tata Kelola Perusahaan
Pedoman Kerja

Dalam rangka meningkatkan penerapan prinsip tata kelola perusahaan yang baik berkaitan dengan tugas dan tanggung jawab Dewan Komisaris dan Direksi Perseroan, maka Dewan Komisaris dan Direksi Perseroan wajib menyusun pedoman yang mengikat setiap anggota Dewan Komisaris dan Direksi. Dengan adanya peningkatan pelaksanaan tata kelola perusahaan yang baik (good corporate governance), maka akan membawa dampak positif bagi Perseroan. Hal ini akan meningkatkan kepercayaan investor terhadap Perseroan.

Pedoman Kerja Dewan Komisaris (EN)
Pedoman Kerja Dewan Komisaris (ID)
Pedoman Kerja Direksi (EN)
Pedoman Kerja Direksi (ID)
Komite Audit

Komite Audit merupakan komite di bawah Dewan Komisaris yang dibentuk untuk membantu Dewan Komisaris dalam memenuhi tugas pengawasan dari metodologi dan proses dari pelaporan keuangan, manajemen risiko, audit dan kepatuhan pada hukum dan peraturan yang berlaku. Komite Audit akan melaksanakan fungsi, tugas dan tanggung jawab sesuai Peraturan OJK No.55/POJK.04/2015 tanggal 29 Desember 2015 tentang Pembentukan dan Pedoman Pelaksanaan Kerja Komite Audit (POJK 55/2015).

PIAGAM KOMITE AUDIT
Komite Audit Perseroan memiliki Piagam atau Pedoman yang mengatur struktur, persyaratan keanggotaan, tugas dan tanggung jawab, kewenangan, penyelenggaraan rapat, pelaporan serta masa tugas Komite Audit. Piagam Komite Audit telah diunggah di situs web Perseroan dan senantiasa ditinjau kembali secara periodik agar sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Keanggotaan, komposisi, dan independensi anggota Komite Audit telah memenuhi ketentuan OJK, yaitu POJK 55/2015 dan Piagam Komite Audit. Di dalam Piagam Komite Audit diatur bahwa masa jabatan Komite Audit adalah sama dengan masa jabatan Dewan Komisaris. Komposisi Komite Audit Perseroan saat ini terdiri dari 1 (satu) orang Ketua yang merupakan Komisaris Independen, dan 2 (dua) orang anggota bukan berasal dari anggota Dewan Komisaris, merupakan Pihak Independen dengan kompetensi dan kualifikasi di bidang keuangan.

Berdasarkan Surat Keputusan Dewan Komisaris Perseroan Nomor CSS.050-2024 tanggal 28 Mei 2024 telah memutuskan susunan Komite Audit Perseroan untuk masa jabatan terhitung sejak tanggal 28 Mei 2024 sampai dengan ditutupnya Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan Tahun Buku 2025 yang akan diselenggarakan pada tahun 2026, sebagai berikut:

  • Ketua: Alexander S. Rusli
  • Anggota:
    • Christine Tanujaya
    • Marlin

INDEPENDENSI KOMITE AUDIT
Untuk memastikan independensi dan profesionalisme dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab Komite Audit, Komisaris Independen memimpin Komite Audit yang memiliki 2 (dua) anggota dari luar Perseroan, salah satunya memiliki kemampuan di bidang akuntansi dan keuangan.

Anggota Komite Audit tidak memiliki hubungan afiliasi atau dipekerjakan oleh akuntan publik, perusahaan konsultan, atau pihak ketiga yang memberikan jasanya kepada Perseroan dalam 6 (enam) bulan terakhir. Anggota Komite Audit bukan merupakan orang yang bekerja atau mempunyai wewenang dan tanggung jawab untuk merencanakan, memimpin, mengendalikan atau mengawasi kegiatan Perseroan dalam waktu 6 (enam) bulan terakhir, kecuali Komisaris Independen. Anggota Komite Audit juga tidak memiliki saham langsung maupun tidak langsung di Perseroan, dan tidak memiliki hubungan keluarga maupun afiliasi dengan anggota Dewan Komisaris, anggota Direksi, pemegang saham atau pihak pengendali yang dapat mempengaruhi kinerja tugas mereka.

TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB
Sebagaimana ditetapkan dalam Piagam Komite Audit, Komite Audit Perseroan memiliki tugas dan tanggung jawab untuk melakukan pengawasan atas hal-hal antara lain:

  1. Menyediakan pengawasan meliputi aspek keuangan, manajemen risiko serta kegiatan audit internal serta kepatuhan dan legal di Perseroan.
  2. Memberi pendapat independen dalam hal terjadi perbedaan pendapat antara manajemen dan Akuntan atas jasa yang diberikannya;
  3. Melakukan penelaahan atas pelaksanaan pemeriksaan oleh Auditor Internal dan mengawasi pelaksanaan tindak lanjut oleh Direksi atas temuan auditor internal;
  4. Menelaah pengaduan yang berkaitan dengan proses akuntansi dan pelaporan keuangan Perseroan; dan
  5. Menelaah dan memberikan saran kepada Dewan Komisaris terkait dengan adanya potensi benturan kepentingan Perseroan.

RAPAT KOMITE AUDIT
Komite Audit wajib menyelenggarakan Rapat paling sedikit 1 (satu) kali dalam 3 (tiga) bulan. Rapat Komite Audit dianggap sah dan mengikat apabila dihadiri lebih dari ½ (setengah) jumlah anggota Komite. Keputusan diambil berdasarkan musyawarah dan mufakat. Risalah Rapat mendokumentasi dan mencatat setiap diskusi dan keputusan, termasuk apabila terjadi perbedaan pendapat. Semua anggota Komite Audit yang hadir harus menandatangani Risalah Rapat yang kemudian disampaikan kepada Dewan Komisaris.

Selama tahun buku 2023, Komite Audit menyelenggarakan 4 (empat) kali rapat.

LAPORAN PELAKSANAAN TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB TAHUN 2023

Selama tahun buku 2023, Komite Audit telah melaksanakan tugas dan tanggung jawab antara lain:

  1. Melakukan audit dan penelaahan informasi keuangan Perseroan yang dikeluarkan ke publik dan/atau pihak otoritas, termasuk laporan keuangan dan laporan lain terkait dengan informasi keuangan Perseroan;
  2. Melakukan evaluasi dan penelaahan kegiatan Perseroan dan kepatuhan terhadap hukum dan peraturan yang berlaku;
  3. Memberikan pendapat independen apabila terjadi perbedaan pendapat antara manajemen dan akuntan yang ditunjuk atas jasa layanan yang diberikannya;
  4. Mengkaji dan memberi rekomendasi mengenai penunjukan akuntan berdasarkan independensi, ruang lingkup kerja dan remunerasi;
  5. Melakukan evaluasi dan penelaahan laporan Auditor Internal dan mengawasi pelaksanaan tindak lanjut oleh Direksi atas temuan audit;
  6. Menelaah pelaksanaan kegiatan Manajemen Risiko yang dilakukan oleh Direksi;
  7. Menelaah dan memberi nasihat kepada Dewan Komisaris terkait adanya potensi benturan kepentingan;
  8. Menelaah pengaduan terkait laporan akuntansi dan keuangan Perseroan; dan
  9. Menjaga kerahasiaan dokumen, data, dan informasi Perseroan lainnya.

Alexander S. Rusli

Ketua
Alexander S. Rusli
Ketua

Selain menjabat sebagai Ketua Komite Nominasi dan Remunerasi, Alexander S. Rusli merangkap jabatan sebagai Komisaris Independen Perseroan.

Setelah bekerja sebagai dosen tetap di Australia, beliau kembali ke Indonesia pada tahun 1997 dan memulai perjalanan karir di Indonesia di PricewaterhouseCoopers sebagai Manajemen Konsultan yang berfokus pada proyek Implementasi TI besar.

Sebagai eksekutif yang aktif dengan pengalaman serta latar belakang yang kuat di bidang teknologi, posisi atau jabatan-jabatan penting di perusahaan swasta yang pernah diduduki selama perjalanan karir beliau antara lain: CEO di PT Indosat Tbk, perusahaan operator telekomunikasi terbesar kedua di Indonesia, sejak 2012-2017; Komisaris Independen di PT Sarana Menara Nusantara Tbk (Protelindo), sejak 2018-2019; Ketua di iFlix Indonesia, sejak 2018-2020; Komisaris di PT Solusi Sinergi Digital Tbk, sejak 2019 – Februari 2022; Komisaris Independen di PT Medikaloka Hermina Tbk (Hermina Hospital Group), sejak 2018-sekarang; Komisaris Independen di PT Unilever Indonesia Tbk, sejak 2018-sekarang; Komisaris Independen di PT Link Net Tbk, sejak tahun 2020-sekarang; Komisaris Independen di PT Cisarua Mountain Dairy Tbk, sejak 2021-sekarang.

Beliau juga menduduki beberapa posisi di pemerintahan, yaitu sebagai Staf Ahli di Kementerian Komunikasi dan Informatika (2001 – 2007); Staf Ahli di Kementerian BUMN (2007 – 2009); Staf Ahli Menteri Keuangan RI untuk Sistem Perpajakan Nasional (2019 – sekarang); Penasihat untuk Crescent Point untuk Indonesia (2019 – sekarang). Sejak tahun 2007-2009, beliau menjabat beberapa posisi di beberapa Badan Usaha Milik Negara antara lain sebagai Komisaris di PT Krakatau Steel Tbk; Komisaris Utama di PT Geodipa Energi; Komisaris di PT Kertas Kraft Aceh.

Di samping itu, beliau juga merupakan pendiri PT Digi Asia Bios, sebuah perusahaan Fintech terkonsolidasi holding yang menawarkan layanan keuangan pembayaran, kredit dan remittance digital di Indonesia. Beliau juga memiliki Joint Venture bersama Tempo Digital Media yang berfokus pada animasi untuk Indonesian IP characters.

Beliau adalah warga negara Indonesia, berusia 52 tahun per 31 Desember 2023. Beliau meraih beberapa gelar antara lain Bachelor of Business, Information System pada tahun 1992, Bachelor of Commerce (Hons), Information System pada tahun 1993 dan Doctor of Philosophy (Ph.D), Information System pada tahun 2000, ketiga gelar tersebut diperoleh dari Curtin University of Technology, Perth, Australia.

Christine

Anggota Independen
Christine
Anggota Independen

Beliau memulai karirnya sebagai Senior Associate Auditor di Public Accountant Ernest & Young-Prasetio, Sarwoko & Sandjaja (November 2002 - Agustus 2004), Senior Manager Accounting di PT Matahari Putra Prima Tbk (Agustus 2004 - April 2013), dan Chief Financial Officer di PT Nadya Putra Investama (April 2013 - Oktober 2021).

Beliau berusia 43 tahun per 31 Desember 2023, warga negara Indonesia. Beliau memiliki gelar Sarjana Ekonomi jurusan Akuntansi dari Universitas Tarumanagara.

Marlin

Anggota Independen
Marlin
Anggota Independen

Beliau memulai karirnya sebagai Staff Account Payable, General Ledger, Payroll PT Matahari Putra Prima Tbk – Cabang Medan dari tahun 1993 sampai dengan 1995, kemudian menjabat sebagai Senior Supervisor di PT Matahari Putra Prima Tbk – Kantor Pusat Jakarta dari tahun 1996 sampai dengan 1998. Terakhir Beliau menjabat sebagai Senior Project Specialist dan Head of Budget Department di Perseroan dari tahun 1999 sampai dengan Januari 2022.

Beliau berusia 49 tahun per 31 Desember 2023, Warga Negara Indonesia. Beliau memperoleh gelar D-3 Manajemen Informatika dari AMIK Jendral Sudirman Medan pada tahun 1994 dan Sarjana Ekonomi jurusan Akuntansi dari STIE Y.A.I Jakarta pada tahun 1995.

Piagam Komite Audit (EN)
Piagam Komite Audit (ID)
Nominasi & Remunerasi

Berdasarkan keputusan Dewan Komisaris Perseroan tanggal 4 Juni 2024 bahwa Dewan Komisaris telah mengakhiri Komite Nominasi dan Remunerasi dan dengan demikian memberhentikan anggota Komite Nominasi dan Remunerasi. Sehubungan dengan hal tersebut maka fungsi nominasi dan remunerasi selanjutnya dilaksanakan oleh Dewan Komisaris Perseroan.

Sekretaris Perusahaan

Dalam rangka meningkatkan keterbukaan, layanan dan komunikasi kepada para pemangku kepentingan sebagai penerapan GCG yang baik, Perseroan wajib memiliki fungsi Sekretaris Perusahaan. Sekretaris Perusahaan merupakan pihak penghubung yang menjembatani kepentingan antara Perseroan dengan pemegang saham, regulator dan pemangku kepentingan.

Penunjukan Sekretaris Perusahaan berlandaskan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No. 35/POJK.04/2014 tanggal 8 Desember 2014 tentang Sekretaris Perusahaan Emiten atau Perusahaan Publik.

Tugas dan Tanggung Jawab
Sebagai organ dengan fungsi struktural dalam organisasi Perseroan, Sekretaris Perusahaan mengemban tugas utama untuk memberikan dukungan penuh kepada Direksi dalam melaksanakan tugasnya. Sekretaris Perusahaan berperan penting dalam memfasilitasi komunikasi antar organ Perseroan, hubungan antara Perseroan dengan Pemegang Saham, regulator, dan Pemangku Kepentingan lainnya serta memastikan kepatuhan Perseroan atas penerapan prinsip GCG terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku. Setiap informasi yang disampaikan Sekretaris Perusahaan kepada masyarakat merupakan informasi resmi dari Perseroan sebagai Emiten atau Perusahaan Publik.

Pelaksanaan Tugas Sekretaris Perusahaan pada Tahun 2023
Sepanjang tahun 2023, Sekretaris Perusahaan menjalankan tugas dan tanggung jawab berikut:

  1. Memberikan saran kepada Dewan Komisaris dan Direksi serta memberikan rekomendasi tindakan yang memastikan kepatuhan terhadap hukum dan peraturan pasar modal.
  2. Mengikuti perkembangan pasar modal, termasuk peraturan dan pedoman pasar modal yang terkait dengan Perseroan Terbatas dan Anggaran Dasar Perseroan.
  3. Menyelenggarakan RUPS Tahunan Tahun buku 2022 dan mendokumentasikan RUPS Tahunan Tahun Buku 2022 yang diselenggarakan pada tanggal 8 Mei 2023.
  4. Menyelenggarakan paparan publik pada tanggal 8 Mei 2023 dan mempublikasikannya di situs web Perseroan.

Natalie Lie

Sekretaris Perusahaan
Natalie Lie
Sekretaris Perusahaan

Berdasarkan Surat Keputusan Direksi Perseroan No CSS.068-2020 tanggal 20 Juli 2020, Perseroan mengangkat Natalie Lie sebagai Sekretaris Perusahaan.

Beliau mengawali karirnya di Lippo Group pada 2009 ketika bergabung dengan Times Bookstore. Pada 2011, beliau bergabung di Legal Corporate & Corporate Services PT Matahari Putra Prima Tbk, lalu sejak 2013 bergabung di Legal Corporate & Corporate Services PT Multipolar Tbk.

Beliau memperoleh gelar Magister Hukum dari Universitas Pelita Harapan (2023), double degree Executive Master of Business Administration dari Universitas Pelita Harapan dan Peking University (2015), dan Bachelor of Science (Hons) in Business Information System dari University of Derby (2002).

Beliau adalah warga negara Indonesia, berdomisili di Tangerang - Indonesia, berusia 42 tahun per 31 Desember 2023.

Penunjukan Sekretaris Perusahaan MLPL
Audit Internal

Unit Audit Internal merupakan unit kerja dalam Perseroan yang menjalankan fungsi audit dan memberikan konsultasi secara independen, objektif, dan profesional.

Pembentukan Unit Audit Internal mengacu pada Peraturan Bapepam-LK No. IX.1.7, lampiran Surat Keputusan Ketua Bapepam-LK No. Kep-496/BL/2008 tanggal 28 November 2008, tentang Pembentukan dan Pedoman Penyusunan Piagam Audit Internal (Peraturan Bapepam-LK No. IX.1.7). Peraturan ini kemudian diubah menjadi Peraturan OJK No. 56/POJK.04/2015 tanggal 29 Desember 2015 (POJK No. 56/2015).

Piagam Unit Audit Internal

Piagam Audit Internal ditetapkan oleh Direksi dan disetujui oleh Dewan Komisaris pada tanggal 31 Maret 2023. Untuk memastikan kepatuhan terhadap peraturan dan efektifitas dalam pelaksanaannya, Piagam Audit Internal akan dievaluasi secara berkala. Pokok-pokok dari Piagam Audit Internal mencakup:

  1. Visi dan misi
  2. Tujuan Piagam Audit Internal
  3. Ruang Lingkup
  4. Struktur dan posisi
  5. Tugas dan tanggung jawab
  6. Wewenang
  7. Kode Etik
  8. Persyaratan keanggotaan
  9. Pertanggungjawaban
  10. Independensi
  11. Penetapan dan pembaharuan piagam

 

Struktur dan Kedudukan Unit Audit Internal

Berdasarkan POJK No. 56/2015 dan Piagam Audit Internal Perseroan, Unit Audit Internal harus terdiri dari paling kurang 1 (satu) orang Auditor Internal. Besaran dan tingkat kompleksitas kegiatan usaha Perseroan menentukan jumlah auditor internal yang diperlukan. Kepala Unit Audit Internal, yang bertanggung jawab langsung kepada Presiden Direktur, dapat diangkat dan diberhentikan oleh Presiden Direktur atas persetujuan Dewan Komisaris.

Surat pengangkatan tertanggal 4 Januari 2022 yang ditandatangani oleh Presiden Direktur dan Presiden Komisaris, menetapkan Rudy Sugianto sebagai Kepala Unit Audit Internal Perseroan.

 

Struktur Organisasi Audit Internal

Kepala Unit Audit Internal: Rudy Sugianto

 

Tugas dan Tanggung Jawab

Unit Audit Internal secara berkala melakukan evaluasi terhadap Perseroan melalui berbagai kegiatan dan konsultasi tentang sistem manajemen risiko, pengendalian internal dan proses Good Corporate Governance (GCG). Evaluasi ini bertujuan untuk meningkatkan nilai-nilai perusahaan dan kinerja operasional.

Tugas dan tanggung jawab Unit Audit Internal sehubungan dengan Piagam Audit Internal dan pelaksanaannya dijabarkan sebagai berikut:

  • Menyusun dan melaksanakan rencana kerja audit internal tahunan;
  • Menguji dan mengevaluasi pelaksanaan sistem pengendalian internal dan manajemen risiko sesuai dengan kebijakan Perseroan;
  • Melakukan pemeriksaan dan memberikan penilaian atas efisiensi dan efektivitas di bidang keuangan, akuntansi, operasional, sumber daya manusia, pemasaran, teknologi informasi, dan kegiatan lainnya.
  • Memberikan saran perbaikan dan informasi yang objektif tentang kegiatan-kegiatan yang diaudit pada semua tingkat manajemen;
  • Menyusun laporan hasil audit dan menyampaikannya kepada Presiden Direktur;
  • Memantau, menganalisa, dan melaporkan pelaksanaan tindak lanjut perbaikan yang telah disarankan;
  • Bekerjasama dengan Komite Audit dan fungsi tata kelola lainnya, seperti Audit Eksternal, Manajemen Risiko, Project Management Office, dan Manajemen Mutu;
  • Menyusun program untuk mengevaluasi mutu dari aktivitas yang dilakukan Audit Internal; dan
  • Melakukan pemeriksaan khusus apabila diperlukan atas persetujuan Presiden Direktur.

Kode Etik Unit Audit Internal

Dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya, Unit Audit Internal harus mematuhi code of conduct (pedoman perilaku) yang mengatur Perseroan dan Unit Audit Internal.

Kode etik Unit Audit Internal tercantum dalam Piagam Internal Audit, antara lain:

  1. Integritas
    • Melakukan pekerjaan dengan jujur, tekun dan tanggung jawab;
    • Menaati hukum dan mengungkap apa yang diwajibkan oleh ketentuan perundang-undangan dan profesi;
    • Tidak terlibat dalam aktivitas ilegal apapun, atau terlibat dalam tindakan yang mempermalukan profesi Audit Internal ataupun Perseroan;
    • Menghormati dan berkontribusi pada tujuan etika Perseroan.
  2. Objektivitas
    • Tidak berpartisipasi dalam kegiatan atau hubungan apapun yang dapat mengganggu, atau dianggap mengganggu, penilaian yang tidak memihak. Partisipasi ini termasuk kegiatan ataupun hubungan yang mungkin bertentangan dengan kepentingan organisasi; 
    • Tidak menerima segala sesuatu yang dapat mengganggu, atau dianggap mengganggu profesionalisme dalam memberikan penilaian;
    • Mengungkapkan semua fakta material yang diketahui.
  3. Kerahasiaan
    • Berhati-hati dalam menggunakan dan menyimpan informasi yang diperoleh selama penugasan;
    • Tidak menggunakan informasi untuk keuntungan pribadi atau dengan cara apapun yang bertentangan dengan ketentuan perundang-undangan atau merugikan tujuan etika Perseroan.
  4. Kompetensi
    • Memberikan pelayanan sesuai dengan pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman yang diperlukan;
    • Melakukan audit sesuai dengan Standar Internasional Praktik Profesional Internal Audit;
    • Terus-menerus meningkatkan kemampuan dan efektivitas serta kualitas audit.

Sertifikasi Internal Auditor

Certified Internal Auditor (CIA) Review yang dilaksanakan oleh Pusat Pengembangan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (PPA FEB UI)

Laporan Pelaksanaan Tugas Audit Internal

Unit Audit Internal telah melakukan audit di Perseroan dan setiap perusahaan di bawah portofolio Perseroan dengan rangkaian kegiatan di bawah ini:

  • Menyusun dan melaksanakan rencana audit internal tahunan;
  • Menganalisis dan mengevaluasi pelaksanaan pengendalian internal dan sistem manajemen risiko sesuai dengan kebijakan yang ditetapkan Perusahaan;
  • Melakukan pengujian dan penilaian atas efisiensi dan efektivitas yang berkaitan dengan keuangan, akuntansi, operasional, sumber daya manusia, pemasaran, teknologi informasi dan kegiatan lainnya;
  • Memberikan rekomendasi perbaikan dan informasi yang objektif tentang kegiatan-kegiatan yang diaudit pada semua tingkat manajemen;
  • Mempersiapkan dan menyerahkan laporan hasil audit kepada Presiden Direktur dan Dewan Komisaris;
  • Memantau, menganalisis, dan melaporkan pelaksanaan tindak lanjut perbaikan yang direkomendasikan;
  • Bekerja sama dan berkomunikasi langsung dengan Komite Audit;
  • Menyusun program untuk mengevaluasi kualitas kegiatan audit internal yang sedang berjalan.

 

Rudy Sugianto

Kepala Unit Audit Internal
Rudy Sugianto
Kepala Unit Audit Internal

Rudy Sugianto memulai karirnya di Pricewaterhouse Coopers sebagai Senior Associates - Audit pada tahun 2003-2005. Selanjutnya beliau bergabung di PT Axis Telekom Indonesia sebagai Manager Revenue Assurance (2005-2011). Pengetahuan dan pengalamannya di bidang keuangan dan audit diasah dari keterlibatannya di beberapa perusahaan, antara lain PT Rajawali Corpora sebagai Manager Internal Audit (2011-2013), PT Multipolar Technology Tbk sebagai Kepala Divisi Accounting, Tax, Operation Support (2013-2018) dan terakhir menjabat sebagai Kepala Divisi Accounting dan Finance (2019 - November 2021).

Pada tahun 2022, beliau diangkat sebagai Kepala Unit Audit Internal PT Multipolar Tbk dengan Surat pengangkatan tertanggal 4 Januari 2022 yang ditandatangani oleh Presiden Direktur dan Presiden Komisaris. Beliau juga menjabat sebagai Kepala Unit Audit Internal PT Multipolar Technology Tbk (sejak Mei 2022).

Beliau merupakan warga negara Indonesia dan berusia 43 tahun per 31 Desember 2023. Beliau memperoleh gelar Sarjana Akuntansi dari Universitas Indonesia pada tahun 2002.

Piagam Internal Audit
Pengungkapan Afiliasi

Perseroan mengungkapkan independensi seluruh anggota Dewan Komisaris dan Direksi dengan pernyataan tidak memiliki hubungan afiliasi antar anggota Dewan Komisaris, Direksi, dan Pemegang Saham Utama.

Anggaran Dasar Perusahaan
Anggaran Dasar Tahun 2018 (EN)
Anggaran Dasar Tahun 2018 (ID)
Informasi Saham
Riwayat Saham

Kinerja Saham

Uraian 2023 2022 2021
Modal Ditempatkan & Disetor Penuh (ribuan lembar) 15,682,323 15,682,323 14,639,632
Jumlah
rata-rata
tertimbang saham yang ditempatkan dan disetor (ribuan lembar)
15,571,539 15,380,970 14,639,632

Laba per Saham Dasar (dalam Rupiah penuh)

11 10 14


Ikhtisar Saham

Harga Saham per Triwulan Triwulan 1 Triwulan 2 Triwulan 3 Triwulan 4
2023
Tertinggi (Rp) 131 95 109 90
Terendah (Rp) 75 82 82 69
Akhir (Rp) 92 86 86 73
Volume (Saham) 1,793,500,000 775,365,900 1,681,336,500 1,159,508,600
Kapitalisasi Pasar (Rp) 1,442,773,806,804 1,348,679,862,882 1,348,679,862,882 1,144,809,651,051
2022
Tertinggi (Rp)

376

246

183

138

Terendah (Rp)

179

150

128

111

Akhir (Rp)

240

156

131

112

Volume (Saham)

14,479,797,200

2,852,545,300

2,241,291,200

4,135,619,700

Kapitalisasi Pasar (Rp)

3,697,018,327,680

2,446,442,541,972

2,054,384,442,297

1,756,420,286,544


Riwayat Pencatatan Saham di Bursa Efek Indonesia

Aksi
Korporasi
Tanggal
Pencatatan
Jumlah Saham
Jumlah Saham
(Lembar)
Jumlah Saham
Beredar
Setelah
Transaksi
Nilai Nominal
per Lembar Saham (Rp)
Penawaran Umum Saham Perdana 6-Nov-89 3,428,000 3,428,000 1,000
Pencatatan Saham 16-Jul-90 8,000,000 11,428,000 1,000
Saham Bonus (1:2) 9-Nov-92 22,856,000 34,284,000 1,000
Penawaran Umum dengan
HMETD I
(1:3 @Rp1,000)
12-Jul-96 102,852,000 137,136,000 1,000
Pemecahan Nilai Saham 1-Apr-97 137,136,000 274,272,000 500
Penawaran Umum dengan
HMETD II
(10:55 @Rp500)
14-Jul-97 1,508,496,000 1,782,768,000 500
Penawaran Umum Terbatas 27-Jul-00 89,000,000 1,871,768,000 500
Penawaran Umum dengan
HMETD III
(4:5 @Rp125)
24-Jun-05 2,339,710,000
Saham Kelas B
1,871,768,000
Saham Kelas A
Kelas A
@Rp500
2,339,710,000
Saham Kelas B
Kelas B
@Rp125
Penawaran Umum dengan
HMETD IV
(18:11 @Rp125)
8-Dec-06 2,573,681,000
Saham Kelas B
1,871,768,000
Saham Kelas A
Kelas A
@Rp500
4,913,391,000
Saham Kelas B
Kelas B
@Rp125

Penawaran Umum dengan HMETD IV (18:11 @Rp125)

12-Apr-10   467,942,000
Saham Kelas A
Kelas A
@Rp2,000
1,228,347,890
Saham Kelas B
Kelas B
@Rp500
Penawaran Umum dengan
HMETD V
(9:32 @Rp125)
14-Apr-10 6,031,252,940
Saham Kelas C
467,942,000
Saham Kelas A
Kelas A
@Rp2,000
1,228,347,890
Saham Kelas B
Kelas B
@Rp500
6,031,252,940
Saham Kelas C
Kelas C
@Rp100
Pelaksanaan Waran 14-Dec-10
s.d.
12-Apr-13
2,337,204,493
Saham Kelas C
467,942,000
Saham Kelas A
Kelas A
@Rp2,000
1,228,347,890
Saham Kelas B
Kelas B
@Rp500
8,368,457,433
Saham Kelas C
Kelas C
@Rp100
Penawaran Umum dengan
HMETD VI
(11:5 @Rp110)
12-Jul-18 4,574,885,147
Saham Kelas C
467,942,000
Saham Kelas A
Kelas A
@Rp2,000
1,228,347,890
Saham Kelas B
Kelas B
@Rp500
12,943,342,580
Saham Kelas C
Kelas C
@Rp100
Penawaran Umum dengan
HMETD VII
(51:7 @Rp500)
31-Mar-22 1,042,691,517
Saham Kelas C
467,942,000
Saham Kelas A
Kelas A
@Rp2,000
1,228,347,890
Saham Kelas B
Kelas B
@Rp500
13,986,034,097
Saham Kelas C
Kelas C
@Rp100
Komposisi Pemegang Saham

Per 31 Agustus 2024

Entitas induk terakhir PT Multipolar Tbk adalah PT Inti Anugerah Pratama yang dimiliki oleh Keluarga Riady.

Dividen

Kebijakan Dividen

Laba Bersih Setelah Pajak Presentase Dividen Kas terhadap Laba Bersih Setelah Pajak
Sampai dengan Rp 100 Miliar 10-15%
Lebih dari Rp 100 Miliar 15-25%

Menurut ketentuan Anggaran Dasar dan peraturan perundang-undangan yang berlaku bahwa pembayaran/pembagian dividen disetujui oleh pemegang saham melalui Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) berdasarkan rekomendasi Direksi. Pelaksanaan kebijakan dividen tersebut diatas dilakukan dengan mempertimbangkan posisi keuangan Perseroan dan anak perusahaan Perseroan, dan tanpa mengurangi hak dari RUPS.

Riwayat Pembayaran Dividen

Tanggal Pembayaran Periode
(Tahun Buku)
Tanggal RUPST

Dividen

Jumlah Saham

Jumlah Dividen yang Dibayarkan (Rp)
2020 19 Jul 21 14,639,632,470
2021 23 Mei 22 15,682,323,987
2022 8 Mei 23 15,682,323,987

Informasi Keuangan
Ikhtisar Keuangan

Dalam jutaan Rupiah, kecuali dinyatakan lain

Uraian

2023

2022

2021

2020

2019

Laporan Posisi Keuangan Konsolidasian

Jumlah Aset 13,089,217 13,082,641 14,997,409 15,682,406 15,283,901
Jumlah Liabilitas 8,390,166 8,488,639 10,361,176 11,719,043 9,665,922
Jumlah Ekuitas 4,699,051 4,594,002 4,636,233 3,963,363 5,617,979

Laporan Laba Rugi dan Penghasilan Komprehensif Lain Konsolidasian

Penjualan Neto 10,962,823 10,917,615 10,310,153 10,277,387 12,322,341
Laba Bruto 2,088,930 1,933,103 1,854,336 2,027,436 2,437,177
Laba (Rugi) Tahun Berjalan 34,647 (60,666) 25,990 (989,536) (1,041,543)
Laba (Rugi) Tahun Berjalan yang dapat diatribusikan kepada:          
  •  Pemilik Entitas Induk
172,049 151,227 201,258 (793,095) (866,094)
  • Kepentingan non-pengendali
(137,402) (211,893) (175,268) (196,441) (175,449)
Jumlah Laba (Rugi) Komprehensif Tahun Berjalan 203,153 (344,366) (149,059) (981,578) (1,010,307)
Jumlah Laba (Rugi) Komprehensif Tahun Berjalan yang dapat diatribusikan kepada:          
  • Pemilik Entitas Induk
342,836 (138,510) 11,536 (832,440) (855,705)
  • Kepentingan non-pengendali
(139,683) (205,856) (160,595) (149,138)  (154,602)
Laba (Rugi) Per Saham Dasar (dalam Rupiah penuh) 11 10 14 (54) (59)

Rasio Keuangan

Uraian

2023

2022

2021

2020

2019

Laba (Rugi) terhadap Total Aset (%) 0.3 -0.5 0.2 -6.3 -6.8
Laba (Rugi) terhadap Ekuitas (%) 0.7 -1.3 0.6 -25.0 -18.5
Laba (Rugi) terhadap Penjualan Neto (%) 0.3 -0.6 0.3 -9.6 -8.5
Rasio Lancar (x) 1.0 1.0 1.2 0.8 1.0
Rasio Liabilitas terhadap Ekuitas (x) 1.8 1.8 2.2 3.0 1.7
Rasio Liabilitas terhadap Aset (x) 0.6 0.6 0.7 0.7 0.6

Presentasi
Materi Investor
Presentasi
2023
MPC Update FY23
2022
MPC Update FY22
2021
MPC Update FY21
2020
MPC Update FY20
2019
MPC Update FY19
2018
MPC Update FY18
Prospektus
Prospektus Ringkas PUT VII MLPL

Prospektus Ringkas PUT VII MLPL

Prospektus Ringkas PUT VI MLPL (Informasi Tambahan)

Prospektus Ringkas PUT VI MLPL

RUPS
Urutkan berdasarkan Tahun
Semua
Semua
2024
2023
2022
2021
2020
2019
2018
2017
2016
2015
2024
Iklan Pengumuman RUPST
Unduh
Iklan Panggilan RUPST
Unduh
Surat Kuasa
Unduh
Agenda & Tata Tertib RUPST
Unduh
Profil Calon Anggota Dewan Komisaris
Unduh
Iklan Ringkasan Risalah RUPST
Unduh

2023
Iklan Pengumuman RUPST
Unduh
Iklan Panggilan RUPST
Unduh
Surat Kuasa
Unduh
Agenda & Tata Tertib RUPST
Unduh
Profil Calon Anggota Dewan Komisaris
Unduh
Iklan Ringkasan Risalah RUPST
Unduh

2022
Iklan Pengumuman RUPST
Unduh
Iklan Panggilan RUPST
Unduh
Agenda & Tata Tertib RUPST
Unduh
Penjelasan Agenda RUPST
Unduh
Surat Kuasa
Unduh
Iklan Ringkasan Risalah RUPST
Unduh

2021
Iklan Pengumuman RUPSLB
Unduh
Iklan Panggilan RUPSLB
Unduh
Surat Kuasa
Unduh
Tata Tertib RUPS
Unduh
Iklan Ringkasan Risalah RUPSLB
Unduh
Iklan Pengumuman RUPST
Unduh
Pemberitahuan Penundaan Penyelenggaraan RUPST
Unduh
Iklan Pengumuman RUPS
Unduh
Iklan Panggilan RUPS
Unduh
Agenda RUPS
Unduh
Surat Kuasa
Unduh
Profil Calon Anggota Dewan Komisaris
Unduh
Profil Calon Anggota Direksi
Unduh
Ralat Panggilan RUPS
Unduh
Tata Tertib RUPS
Unduh
Iklan Ringkasan Risalah RUPST
Unduh
Iklan Ringkasan Risalah RUPSLB
Unduh

2020
Iklan Pengumuman RUPST
Unduh
Iklan Panggilan RUPST
Unduh
Agenda & Tata Tertib RUPST
Unduh
Surat Kuasa
Unduh
Penjelasan Agenda RUPST
Unduh
Profil Calon Anggota Direksi
Unduh
Iklan Ringkasan Risalah RUPST
Unduh

2019
Iklan Pengumuman RUPST
Unduh
Iklan Panggilan RUPST
Unduh
Penjelasan Agenda RUPST
Unduh
Profil Calon Anggota Direksi
Unduh
Iklan Ringkasan Risalah RUPST
Unduh

2018
Iklan Pengumuman RUPST
Unduh
Iklan Panggilan RUPST
Unduh
Penjelasan Agenda RUPST
Unduh
Ralat Panggilan RUPST
Unduh
Profil Calon Anggota Dewan Komisaris
Unduh
Profil Calon Anggota Direksi
Unduh
Iklan Ringkasan Risalah RUPST
Unduh
Iklan Panggilan RUPSLB III
Unduh
Iklan Ringkasan Risalah RUPSLB III
Unduh

2017
Iklan Panggilan RUPSLB II
Unduh
Iklan Ringkasan Risalah RUPSLB II
Unduh
Iklan Pengumuman RUPSLB
Unduh
Iklan Panggilan RUPSLB
Unduh
Penjelasan Agenda RUPSLB
Unduh
Iklan Ringkasan Risalah RUPSLB
Unduh
Iklan Pengumuman RUPST
Unduh
Iklan Panggilan RUPST
Unduh
Penjelasan Agenda RUPST
Unduh
Iklan Ringkasan Risalah RUPST
Unduh

2016
Iklan Pengumuman RUPST
Unduh
Iklan Panggilan RUPST
Unduh
Penjelasan Agenda RUPST
Unduh
Iklan Ringkasan Risalah RUPST
Unduh

2015
Iklan Pengumuman RUPST
Unduh
Iklan Panggilan RUPST
Unduh
Iklan Ringkasan Risalah RUPST
Unduh
Profil Calon Anggota Direksi
Unduh

Kebijakan CSR
Kebijakan Perusahaan Terkait Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

Dalam menjalankan usahanya, Perseroan secara berkesinambungan terus memperhatikan dampak sosial dan lingkungan hidup sebagai bentuk komitmen terhadap pertumbuhan yang berdampak, bisa dirasakan dan bermanfaat bagi semua pihak.

Secara teratur, Perseroan menyelenggarakan sejumlah kegiatan terkait keselamatan kerja, kesehatan, pendidikan, lingkungan, hingga pengembangan perekonomian dalam rangka Tanggung Jawab Sosial Perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR). Pelaksanaan kegiatan CSR dilakukan Perseroan dengan berkolaborasi bersama anak-anak perusahaannya maupun dengan berbagai organisasi nirlaba.

Tanggung Jawab Terhadap Lingkungan

Perseroan berupaya untuk mengurangi dampak operasional Perseroan terhadap lingkungan hidup serta menjaga kelestarian lingkungan. Bersama dengan unit-unit usahanya, Perseroan mengadopsi berbagai inisiatif yang bertujuan untuk mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan, diantaranya upaya penghematan pemakaian energi dan sumber daya. Mematikan segala perlengkapan dan peralatan elektronik termasuk lampu, dan komputer setiap kali meninggalkan ruangan usai jam kerja serta mengurangi pemakaian kertas merupakan penerapan budaya hemat energi dan membantu melindungi hutan. Perseroan senantiasa mendorong hal ini untuk terus dilakukan oleh seluruh karyawan Perseroan.

Tanggung Jawab Terhadap Karyawan

Perseroan percaya bahwa aspek Ketenagakerjaan serta Kesehatan dan Keselamatan Kerja merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Oleh karena itu, Perseroan dan setiap anak usahanya menciptakan iklim kerja yang positif melalui praktik kebijakan manajemen kesehatan dan keselamatan yang telah distandarisasi sesuai jenis usaha dan peraturan yang ada. Setiap tahun Perseroan bekerja sama dengan rumah sakit Siloam Lippo Karawaci memberikan bantuan keringanan biaya vaksin dan pemeriksaan darah gratis kepada para karyawan.

Per triwulan Perseroan juga rutin mengadakan acara gathering karyawan sebagai wadah untuk para karyawan saling bertukar informasi, berinteraksi, saling mengenal dan menumbuhkan rasa kebersamaan satu dengan yang lainnya. Acara Halal Bihalal dan Natal bersama juga diadakan setiap tahun oleh Perseroan bersama para karyawan dan anak perusahaan sebagai salah satu cara Perseroan untuk menumbuhkan rasa saling menghargai dan menghormati kemajemukan dan keberagaman para karyawannya.

Perseroan memberikan kesempatan kepada karyawan untuk mengikuti serangkaian pelatihan. Pelatihan ini dipersiapkan baik secara internal maupun eksternal, bekerjasama dengan penyedia pelatihan lokal dan asing, melalui berbagai lokakarya, seminar, dan pelatihan yang dipimpin oleh instruktur dan pelatih kerja profesional.

Tanggung Jawab Terhadap Konsumen

Sebagai bentuk tanggung jawab terhadap konsumen, Perseroan melalui anak usahanya berkomitmen untuk memberikan layanan dengan standar kualitas tertinggi dan terus melakukan perbaikan yang berkesinambungan. Perseroan bersama dengan anak-anak perusahaan terus berinovasi untuk meningkatkan prosedur dan mekanisme keluhan pelanggan sehingga setiap keluhan dari pelanggan akan ditangani dengan baik dan sistematis. Perseroan dan masing-masing anak perusahaan memiliki kebijakan dan mekanisme tersendiri untuk menangani keluhan pelanggan. Selain itu, Perseroan juga mengimplementasikan kebijakan-kebijakan yang memastikan kualitas produk dan layanan tetap terjaga secara prima demi meningkatkan nilai yang ditawarkan kepada konsumen.

Tanggung Jawab Terhadap Masyarakat

Perseroan menyadari bahwa keberlangsungan usahanya tidak lepas dari peran serta dan kontribusi masyarakat sekitar. Oleh karena itu, Perseroan bersama anak perusahaan berkomitmen untuk turut pula memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan masyarakat yang sejahtera dan sehat melalui beberapa program yang melibatkan dan memberdayakan masyarakat, terutama di sekitar lokasi usaha. Perseroan senantiasa mendorong para karyawan untuk secara sukarela berperan aktif dalam berpartisipasi atau menginisiasi aktivitas-aktivitas yang berkaitan dengan kesehatan, pendidikan, dan sosial.